Friday 1 January 2016

Belajar sehat



Belajar sehat adalah sebuah kata yang sebenarnya sangat sederhana yaitu terdiri dari kata. Diantaranya belajar dan sehat dimana belajar mempunyai arti bahwa ingin mengetahui lebih lanjut yang sebenarnya mempunyai tujuan untuk lebih baik dari kondisi yang ada sebelumnya. Sementara sehat merupakan sebuah tujuan yang ingin dicapai setiap individu yaitu mempunyai kehidupan yang lebih baik dimana hidup secara fisik lebih terasa segar sehingga bisa beraktifitas lebih maksimal dalam menjalani hidup yang lebih baik.
Kenapa harus belajar sehat
Banyak sekali orang yang tanpa disadari secara langsung telah menjadikan kesehatan adalah prioritas kesekian kali dengan kata lain kesehatan menjadi tidak penting. Hal ini bisa menjadi sedemikian rupa karena sudah menjadi pola yang berulang-ulang semasa masa pertumbuhan sehingga menjadikanya menjadi tidaklah penting. Hal ini bisa terlihat di sekitar kita banyak sekali  yang bisa kita ambil contoh yaitu dalam pola membuang sampah yang mungkin dilakukan dengan sangat mudahnya tanpa pernah memikirkan dampak apa saja yang bisa muncul misal menjadi sumber penyakit atau bahkan menjadi sumber banjir. Memanglah demikian sesuatu yang sederhana dan nampaklah tidak penting. Namun hal tersebut sangatlah mempunyai urutan-urutan yang pada akhirnya menjadi hukum sebab dan akibat.
Dengan alasan di atas kiranya bisa diambil sebuah pembelajaran yang sangat sederhana namun bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari kita sendiri. Bahwa menjadi sehat adalah pilihan buat kita semua. Apakah ingin sehat ataukah sebaliknya menginginkan sakit ? Dan saya yakin sekali bahwa pilihan kedua adalah hal yang tidak mungkin dipilih oleh semua orang. Karena hakikat manusia bahwa tidak ada yang ingin sibuk karena hal yang tidak semestinya. Atau dengan kata lain mencari kegiatan karena sama sekali tidak mempunyai aktifitas yang bisa dikerjakan sama sekali
Beberapa hal yang bisa dilakukan dalam pola belajar sehat adalah sebagai berikut :
1.       Membuat Jadwal yang teratur
Maksudnya adalah selalu membiasakan hidup yang selalu pada waktunya baik pola makan, pola olahraga bahkan pola tidur.
2.       Selalu membuat komitmen
Kenapa hal ini menjadi penting buat kita? Hal tersebut nampak sangatlah sederhana dan nampak biasa bahkan mudah sekali dilakukan dan diucapkan. Namun mudah sekali dilupakan atau diabaikan. Dan tentunya hal inipun akan berdampak pada menjadi tidak ada pola dalam kehidupan kita ini.
3.       Fokus pada sehat
Kedengaranta memang hal yang sangat sederhana namun sebaliknya hal tersebut menjadi kita lebih kuat dan sehat. Seandainya kita fokus pada sakit maka kita akan sakit dan sebaliknya seandainya kita fokus pada sehat maka akan sehat. Memang Terlihat nampaknya sangat tidaklah penting, namun demikian hal tersebut sangatlah bisa menjadikan pembelajaran buat kita semua.
Demikian beberapa pola hidup sehat yang bisa kita gunakan dalam hidup kita mungkin sebelumnya anda sudah banyak sekali referensi namun ada baiknya hal tersebut diatas sebagai tambahan atau katakanlah sebagai pengingat .

No comments:

Post a Comment